Tips n Trick – Cara Root yang paling benar pada Samsung Galaxy Chat GT-B5330

Root atau disebut juga pengakaran sangat berguna di perangkat android, selain kamu dapat menginstal aplikasi yang memerlukan ijin super-user , kamu pun dapat dengan leluasa memindahkan, menghapus bahkan mengganti semua file yang ada di system biasanya metode ini disebut Custom rom, nah jika kamu tertarik untuk melakukan proses root Samsung Galaxy Ch@t GT-B5330, silahkan ikuti langkah dibawah ini :

Tutorial ini sudah di test dan berhasil, jika terjadi sesuatu pada ponsel kamu mungkin terjadi karena kesalahan kamu sendiri, jadi diharapkan baca baik-baik tutorial dibawah ini, bila perlu dicatat untuk menghindari resiko kesalahan.

1. Download terlebih dahulu melalui PC/komputer file yang di perlukan dibawah ini :
  • Samsung KIES.exe ukuran 89 Mb (Klik disini)   “Note: Ini adalah aplikasi untuk Driver wizard di komputer, jangan menggunakan Samsung USB DRIVER yang lain selain KIES  karena tidak mungkin bekerja pada Galchat dan komputer kamu”
2. Ekstrak melalui komputer file  GT-B5330 + PIT.rar dan  recovery.zip 
3. Instal sampai selesai Samsung KIES.exe yang sudah di download tadi pada komputer , Harap sabar karena proses instal dapat memakan waktu hingga 30 menit, tergantung pada koneksi jaringan data di komputer kamu. bila sudah selesai jalankan KIES.
4. Pindahkan File Galaxy_Chat_root.zip ke SDcard/kartu memori di bagian luar folder. ( Gunakan card rider/ kabel data usb)
5. Matikan total ponsel, kemudian Hidupkan kembali ponsel ke MODE DOWNLOAD dengan cara menekan secara bersamaan Tombol Volume bawah, Tombol Home dan Tombol Power. biarkan ponsel tetap pada mode download, lanjut baca langkah 6. (Note: Tombol Home adalah tombol yang berlambang rumah di layar ponsel)
6. Kembali ke komputer kamu, klik dua kali atau jalankan KIES, lanjut dengan klik dua kali/ jalankan Odin.exe dari folder GT-B5330 + PIT yang sudah kamu ekstrak tadi  pada komputer.
7. Sekarang waktunya kamu hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan  kabel data/ USB, tunggu hingga Odin-3 mendeteksi ponsel kamu, tandanya ponsel sudah terdeteksi Odin di komputer adalah muncul tulisan ID;COM pada aplikasi ODIN.
8. Jika Odin sudah mendeteksi, Klik/Pilih tulisan  PIT di Odin3 kemudian masukan/pilih file Janin.pit pada folder GT-B5330-PIT yang kamu ekstrak tadikemudian klik/pilih tulisan  PDA pada aplikasi odin3, dan pilih Klik PDA kemudian masukan file recovery.tar.md5 dari folder recovery.zip yang kamu ekstrak tadi.
9. Tunggu hingga Odin selesai memeriksa md5sum
10. Klik  START, maka Odin akan mulai flashed, tunggu hingga selesai maka ponsel akan restart dan hidup secara otomatis,  selesai.  cabut kabel data/usb.
11. Matikan ponsel dan hidupkan kembali pada Recovery mode dengan cara menekan secara bersamaan Tombol Volume Atas, Tombol Power dan Tombol Home.

12. Pilih Apply Update from SDcard (Gunakan tombol HOME untuk memilih)

13. Pilih Galaxy_Chat_root.zip
14. Pilih REBOOT NOW
15. Tunggu sampai ponsel hidup kembali, kemudian lihat di menu apakah ada aplikasi superuser yang lambangnya mirip superman? jika ada berarti ponsel kamu sudah selesai di root.
Aplikasi penting yang dapat kamu download setelah proses root adalah :
- Root explorer. apk adalah sebuah file manager yang sangat berguna bagi kamu untuk menghapus file, pindah, ekstrak maupun membuat zip/tar, maupun membaca keseluruhan isi pada system android.
- Titanium backup pro.apk adalah sebuah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan maupun mengembalikan semua file yang ada di System maupun di Sdcard termasuk data dan pengaturannya.
- Rom toolbox .apk adalah sebuah aplikasi dengan banyak kegunaan seperti Mengganti Rom, mengganti kernel, overclock, mengganti Gaya tulisan ponsel, mengganti boot animation, dll.
Oke sekian post kali ini, ada pertanyaan ya tanyain aja ya..siiiplah,  semoga bermanfaat kawan..
Salam droider, semoga bermanfaat.

Sumber : ucup budug

3 komentar:

Anonim mengatakan...

cara unroot nya gimana gan?

Unknown mengatakan...

thenk atas info dan ilmunya

hammer of thor asli mengatakan...

terima kasih atas informasinya

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. MOHON MAAF JIKA COMENT ANDA TIDAK BISA SAYA JAWAB, KARENA SAYA TIDAK ONLINE 24 JAM DIKARENAKAN BANYAK URUSAN DI DUNIA NYATA.